Monday 2 June 2014

Shorinji Kempo

Apa itu Shorinji Kempo?
 
Shorinji Kempo adalah suatu beladiri yang dalam pelatihannya memiliki 3 tujuan utama yaitu mampu membela diri, meningkatkan kesehatan, dan pembinaan mental. Ilmunya mengajarkan teknik-teknik beladiri yang efektif dengan menggunakan prinsip keseimbangan, dinamis, fisiologi tubuh dan titik kelemahan sehingga kekuatan tidaklah harus digunakan dalam sebuah serangan.
Shorinji Kempo dibentuk di Jepang pada tahun 1947 oleh Kaiso So Doshin sebagai suatu sistem untuk membentuk pribadi manusia melalui filosofi, teknik beladiri, dan sistem pendidikannya.

FILOSOFI BELADIRI SHORINJI KEMPO

Pengajaran Shorinji Kempo didasarkan pada pemikiran dan filosifi Kaiso So Doshin yaitu “Half for one’s own happiness and half for the happiness of others.” atau setengah kebahagian untuk diri sendiri dan setengah kebahagiaan untuk orang lain dan ”Righteousness without force is powerless, while force without righteousness is violence.” atau Kasih sayang tanpa kekuatan adalah kelemahan, kekuatan tanpa kasih sayang adalah kezaliman. Kedua kalimat ini menggambarkan Shorinji Kempo.
The teachings of Shorinji Kempo are based on Kaiso So Doshin’s thoughts and philosophy. “Half for one’s own happiness and half for the happiness of others.” “Righteousness without force is powerless, while force without righteousness is violence.” These words that describe a way of life and a way of being are the basic concept of Shorinji Kempo. It was Kaiso’s teachings that each one of us should first establish oneself to become confident, and then we should all help each other to live happily together.

TEKNIK KEMPO

Teknik Shorinji Kempo terdiri dari 3 sistem yaitu 
Goho ( atau teknik keras seperti pukulan dan tendangan ) , 
 Juho ( atau teknik lembut atau halus seperti melepas, mengunci, dan membanting), 
dan Seiho ( atau teknik penyembuhan seperti pijat ,dll). Kesemua teknik ini sesuai dengan prinsip – prinsip dan filosofi beladiri kempo yaitu mampu membela diri tanpa menggunakan kekuatan atau merusak lawan.

 

SISTEM PEMBELAJARAN SHORINJI KEMPO

Shorinji Kempo melatih baik tubuh maupun mental. Latihannya pun terdiri dari latihan teknik maupun teori. Dalam setiap sesi latihan, akan terdiri dari 2 hal tersebut. Sama halnya dengan teknik, teori dalam Shorinji Kempo pun berjenjang dari  tingkat awal sampai tingkat yudansha. Metode ini tentunya akan menghasilkan pribadi yang tidak hanya jago beladiri namun juga mempunyai mental yang kuat dan pikiran yang sehat.
Berdasarkan latihan yang unik seperti ini, Shorinji Kempo menjadi besar di dunia dan tentunya di Indonesia. Kompetisi bukanlah tujuan utama dari sistem pendidikan kempo. Melalui latihannya, Shorinji Kempo ditujukan untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri dan semangat melalui kemampuan untuk mengetahui kemampuan diri sendiri, dan dengan kemampuan tersebut mampu dan dapat berguna bagi orang lain.

No comments:

Post a Comment